Skip to main content

Coding dalam Unity untuk pemula

seputarunity3d - Anda ingin mulai belajar membuat kode di Unity sehingga Anda dapat memulai permainan pertama Anda, tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Kami mendapatkan perjuangan. Berikut adalah rincian elemen scripting di Unity dan beberapa materi pembelajaran yang dapat Anda gunakan untuk mengerjakan proyek yang lebih canggih seperti "Space Shooter". Ini akan membuat Anda tercakup dalam area berikut: dasar-dasar pengkodean, seperti variabel, fungsi dan kelas, dan cara menggunakannya.

Apa itu scripting di Unity?

Scripting memberitahu GameObjects kami bagaimana berperilaku; itu adalah skrip dan komponen yang dilampirkan ke GameObjects, dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, yang menciptakan gameplay Anda. Sekarang, pembuatan skrip di Unity berbeda dari pemrograman murni. Jika Anda telah melakukan beberapa pemrograman murni, misalnya Anda membuat aplikasi yang sedang berjalan, Anda harus menyadari bahwa di Unity Anda tidak perlu membuat kode yang menjalank…

Tutorial Belajar Java Part 32: Percabangan Kondisi Switch Case Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz

Halo sahabat selamat datang di website seputarunity3d.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Tutorial Belajar Java Part 32: Percabangan Kondisi Switch Case Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Kondisi SWITCH CASE yang akan kita pelajari ini bisa dipandang sebagai alternatif penulisan dari kondisi logika IF ELSE IF pada tutorial Java sebelumnya. Namun tidak semua kondisi IF ELSE IF bisa dikonversi ke dalam bentuk SWITCH CASE, yang kita akan bahas dengan lebih detail.


Pengertian SWITCH CASE Bahasa Java

Kondisi SWITCH CASE adalah percabangan kode program dimana kita membandingkan isi sebuah variabel dengan beberapa nilai. Jika proses perbandingan tersebut menghasilkan true, maka block kode program akan di proses.

Kondisi SWITCH CASE terdiri dari 2 bagian, yakni perintah SWITCH dimana terdapat nama variabel yang akan diperiksa, serta 1 atau lebih perintah CASE untuk setiap nilai yang akan diperiksa.

Berikut format dasar penulisan kondisi SWITCH CASE dalam bahasa Java:

  switch (nama_variabel) {      case 'nilai_1':        // Kode program yang dijalankan jika nama_variabel == nilai_1        break;      case 'nilai_2':        // Kode program yang dijalankan jika nama_variabel == nilai_2        break;      case 'nilai_3':        // Kode program yang dijalankan jika nama_variabel == nilai_3        break;      ...      ...      default:         // Kode program yang dijalankan jika tidak ada kondisi yang terpenuhi    }

Di awal kode program, terdapat perintah SWITCH untuk menginput variabel yang akan diperiksa. Kemudian terdapat beberapa perintah CASE yang diikuti dengan sebuah nilai.

Jika isi dari nama_variabel sama dengan salah satu nilai ini, maka blok kode program akan dijalankan. Jika ternyata tidak ada kondisi CASE yang dipenuhi, blok default di baris paling bawah lah yang akan dijalankan.

Di dalam setiap block case, diakhiri dengan perintah break; agar struktur CASE langsung berhenti begitu kondisi terpenuhi. Mari langsung lihat contoh prakteknya.


Contoh Kode Program SWITCH CASE Bahasa Java

Dalam tutorial sebelumnya, terdapat kode program untuk menampilkan nilai dengan struktur IF ELSE IF. Kita akan coba konversi menjadi bentuk SWITCH CASE.

Sebelumnya, berikut kode menampilkan nilai dengan struktur IF ELSE IF:

import java.util.Scanner;     class BelajarJava {    public static void main(String args[]){             char nilai;      Scanner input = new Scanner(System.in);             System.out.print("Input Nilai Anda (A - E): ");      nilai = input.next().charAt(0);             if (nilai == 'A' ) {        System.out.println("Pertahankan!");      }      else if (nilai == 'B' ) {        System.out.println("Harus lebih baik lagi");      }      else if (nilai == 'C' ) {        System.out.println("Perbanyak belajar");      }      else if (nilai == 'D' ) {        System.out.println("Jangan keseringan main");      }      else if (nilai == 'E' ) {        System.out.println("Kebanyakan bolos...");      }      else {        System.out.println("Maaf, format nilai tidak sesuai");      }          }  }

Program yang sama bisa dikonversi ke dalam bentuk SWITCH CASE berikut ini:

import java.util.Scanner;    class BelajarJava {    public static void main(String args[]){            char nilai;      Scanner input = new Scanner(System.in);            System.out.print("Input Nilai Anda (A - E): ");      nilai = input.next().charAt(0);            switch (nilai) {        case 'A':          System.out.println("Pertahankan!");          break;        case 'B':          System.out.println("Harus lebih baik lagi");          break;        case 'C':          System.out.println("Perbanyak belajar");          break;        case 'D':          System.out.println("Jangan keseringan main");          break;        case 'E':          System.out.println("Kebanyakan bolos...");          break;        default:          System.out.println("Maaf, format nilai tidak sesuai");      }        }  }

Hasil kode program:

Input Nilai Anda (A - E): A  Pertahankan!    Input Nilai Anda (A - E): D  Jangan keseringan main    Input Nilai Anda (A - E): E  Kebanyakan bolos...    Input Nilai Anda (A - E): F  Maaf, format nilai tidak sesuai

Di baris 10 terdapat perintah untuk meminta user menginput salah satu huruf antara ‘A’ â€" ‘E’. Nilai huruf ini kemudian disimpan ke dalam variabel nilai yang sudah di set ber tipe data char.

Kondisi SWITCH CASE dimulai pada baris 12. Di sini terdapat perintah switch (nilai) yang artinya kita ingin memeriksa isi dari variabel nilai. Seluruh block SWITCH berada di dalam tanda kurung kurawal yang dimulai dari baris 12 sampai 30.

Di baris 13 terdapat perintah case ‘A’: Ini artinya jika variabel nilai berisi karakter ‘A‘, maka jalankan isi dari block CASE, yakni perintah System.out.println(“Pertahankan!”). Lalu terdapat perintah break di baris 15 agar struktur CASE lain tidak perlu di proses lagi.

Di baris 16 terdapat perintah CASE kedua, yakni case ‘B’:. Sama seperti sebelumnya, blok ini akan dijalankan jika variabel nilai berisi huruf ‘B‘. Demikian seterusnya sampai case ‘E’ : di baris 25.

Jika ternyata tidak ada nilai yang sesuai, maka block default di baris 28 yang akan di eksekusi.

Struktur SWITCH CASE ini terlihat lebih rapi daripada struktur IF ELSE IF, dan kadang kala bisa lebih efisien. Namun SWITCH CASE juga memiliki batasan, dimana tidak bisa dipakai untuk kondisi yang lebih kompleks seperti perbandingan dengan tanda lebih besar dari ” > “, maupun penggabungan kondisi.

Kita tidak bisa membuat struktur CASE seperti berikut:

// ini akan error  case > '90':    System.out.println("Pertahankan!");    break;

Kondisi perbandingan di atas hanya bisa ditulis menggunakan struktur IF.

Sehingga jika kondisi yang diperiksa cukup rumit, maka terpaksa harus menggunakan struktur IF ELSE IF. Struktur SWITCH CASE yang kita pelajari kali ini hanya cocok untuk operasi perbandingan sederhana, dimana nilai yang diperiksa hanya terdiri dari nilai yang tetap.


Dalam tutorial ini kita telah membahas pengertian dan cara penggunaan struktur SWITCH CASE dalam bahasa pemrograman Java. Selanjutnya akan disambung dengan struktur perulangan (loop), yang diawali dengan perulangan FOR.

 

Itulah tadi informasi mengenai Tutorial Belajar Java Part 32: Percabangan Kondisi Switch Case Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz dan sekianlah artikel dari kami seputarunity3d.xyz, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Kampus Terbaik Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer oleh - seputarunity3d.xyz

Halo sahabat selamat datang di website seputarunity3d.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Kampus Terbaik Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer oleh - seputarunity3d.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaSaat ini jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer sudah menjadi salah satu jurusan terfavorit di berbagai Universitas. Passing grade atau tingkat persaingan jurusan ini juga sangat tinggi, biasanya hanya kalah dari jurusan kedokteran.Namun tidak jarang banyak calon mahasiswa yang masih bingung dalam memilih dan menentukan universitas apa yang sebaiknya dipilih. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba merangkum daftar universitas terbaik untuk jurusan teknik informatika dan ilmu komputer di Indonesia. Secara umum, jurusan teknik informatika dan ilmu komputer tidak terlalu berbeda. Beberapa sumber ada yang berpendapat bahwa ini hanya perbedaan nama. Ilmu Komputer disadur dari istilah Computer Science

Tutorial Belajar Java Part 30: Percabangan Kondisi IF ELSE Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz

Halo sahabat selamat datang di website seputarunity3d.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Tutorial Belajar Java Part 30: Percabangan Kondisi IF ELSE Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaMelanjutkan tutorial belajar bahasa pemrograman Java di Duniailkom, kali ini kita akan membahas kondisi percabangan selanjutnya, yakni kondisi IF ELSE.Pengertian Kondisi IF ELSE bahasa JavaPada dasarnya, kondisi IF ELSE merupakan modifikasi tambahan dari kondisi IF yang sudah kita pelajari pada tutorial sebelumnya.Blok kode program IF tetap akan dijalankan ketika kondisi true, namun sekarang terdapat tambahan bagian ELSE akan dijalankan ketika kondisi false.Berikut format dasarnya:if (condition) { // Kode program yang akan dijalankan jika condition berisi nilai True } else { // Kode program yang akan dijalankan jika condition berisi nilai False }Bagian condition berperan sebagai pen…

Tutorial Belajar Java Part 28: Jenis-jenis Operator Assignment Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz

Halo sahabat selamat datang di website seputarunity3d.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Tutorial Belajar Java Part 28: Jenis-jenis Operator Assignment Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaDalam tutorial bahasa pemrograman Java di Duniailkom kali ini kita akan membahas Jenis-jenis Operator Assignment.Pengertian Operator Assignment / PenugasanOperator assignment adalah operator untuk memasukkan suatu nilai ke dalam variabel. Operator ini sebenarnya sudah sering kita pakai sepanjang tutorial bahasa Java di Duniailkom. Dalam bahasa Java, operator assignment menggunakan tanda sama dengan ( = ).Pembacaan operasi assignment dilakukan dari kanan ke kiri, bukan dari kiri ke kanan seperti yang biasa kita pahami dalam matematika.Kode berikut:a = 1000;Berarti “masukkan nilai 1000 ke dalam variabel a”. Dalam bahasa pseudo code (jika anda membaca buku tentang algoritma), ini biasa di…