Skip to main content

Coding dalam Unity untuk pemula

seputarunity3d - Anda ingin mulai belajar membuat kode di Unity sehingga Anda dapat memulai permainan pertama Anda, tetapi Anda tidak tahu harus mulai dari mana. Kami mendapatkan perjuangan. Berikut adalah rincian elemen scripting di Unity dan beberapa materi pembelajaran yang dapat Anda gunakan untuk mengerjakan proyek yang lebih canggih seperti "Space Shooter". Ini akan membuat Anda tercakup dalam area berikut: dasar-dasar pengkodean, seperti variabel, fungsi dan kelas, dan cara menggunakannya.

Apa itu scripting di Unity?

Scripting memberitahu GameObjects kami bagaimana berperilaku; itu adalah skrip dan komponen yang dilampirkan ke GameObjects, dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, yang menciptakan gameplay Anda. Sekarang, pembuatan skrip di Unity berbeda dari pemrograman murni. Jika Anda telah melakukan beberapa pemrograman murni, misalnya Anda membuat aplikasi yang sedang berjalan, Anda harus menyadari bahwa di Unity Anda tidak perlu membuat kode yang menjalank…

Tutorial Belajar Java Part 30: Percabangan Kondisi IF ELSE Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz

Halo sahabat selamat datang di website seputarunity3d.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Tutorial Belajar Java Part 30: Percabangan Kondisi IF ELSE Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membaca

Melanjutkan tutorial belajar bahasa pemrograman Java di Duniailkom, kali ini kita akan membahas kondisi percabangan selanjutnya, yakni kondisi IF ELSE.


Pengertian Kondisi IF ELSE bahasa Java

Pada dasarnya, kondisi IF ELSE merupakan modifikasi tambahan dari kondisi IF yang sudah kita pelajari pada tutorial sebelumnya.

Blok kode program IF tetap akan dijalankan ketika kondisi true, namun sekarang terdapat tambahan bagian ELSE akan dijalankan ketika kondisi false.

Berikut format dasarnya:

if (condition)  {    // Kode program yang akan dijalankan jika condition berisi nilai True  }  else  {    // Kode program yang akan dijalankan jika condition berisi nilai False  }

Bagian condition berperan sebagai penentu dari struktur percabangan ini. Jika condition terpenuhi (menghasilkan nilai TRUE), blok kode program milik IF akan dijalankan. Jika condition tidak terpenuhi (menghasilkan nilai FALSE), blok kode program bagian ELSE-lah yang akan diproses.

Mari kita lihat contoh praktek dari struktur IF ELSE.


Contoh Kode Program Percabangan IF ELSE Java

Pada tutorial sebelumnya kita membuat program penentu bilangan genap / ganjil menggunakan 2 buah kondisi IF sebagai berikut:

if (a % 2 == 0) {      System.out.println(a + " adalah angka genap");  }  if (a % 2 == 1) {      System.out.println(a + " adalah angka ganjil");  }

Alur ini sebenarnya akan lebih sederhana (dan lebih efisien) jika diubah ke dalam struktur IF ELSE.

Jika sebuah angka tidak genap, maka pasti itu adalah angka ganjil. Sehingga apabila kondisi if (a % 2 == 0) tidak terpenuhi (false), maka variabel a haruslah berisi angka ganjil. Dengan demikian kode programnya bisa ditulis ulang sebagai berikut:

import java.util.Scanner;    class BelajarJava {    public static void main(String args[]){            int a;      Scanner input = new Scanner(System.in);            System.out.print("Input sembarang angka: ");      a = input.nextInt();        if (a % 2 == 0) {        System.out.println(a + " adalah angka genap");      }      else {        System.out.println(a + " adalah angka ganjil");      }         }  }

Sekarang jika kondisi if (a % 2 == 0) menghasilkan false, bagian ELSE lah yang akan di proses. Kode program akan jadi lebih efisien karena pemeriksaan kondisi hanya perlu dilakukan 1 kali saja.

Berikut contoh lain dari struktur kondisi IF ELSE:

import java.util.Scanner;    class BelajarJava {    public static void main(String args[]){            int a;      Scanner input = new Scanner(System.in);            System.out.print("Input nilai ujian: ");      a = input.nextInt();        if (a >= 75) {        System.out.println("Selamat, anda lulus!");      }      else {        System.out.println("Maaf, silahkan coba lagi tahun depan");      }         }  }

Hasil kode program:

Input nilai ujian: 57  Maaf, silahkan coba lagi tahun depan    Input nilai ujian: 90  Selamat, anda lulus!    Input nilai ujian: 75   Selamat, anda lulus!    Input nilai ujian: 74   Maaf, silahkan coba lagi tahun depan

Di sini saya membuat kondisi if (a >= 75), yakni jika variabel a berisi angka lebih besar atau sama dengan 75 maka jalankan perintah System.out.println(“Selamat, anda lulus!”). Jika tidak, blok ELSE lah yang akan di eksekusi, yakni System.out.println(“Maaf, silahkan coba lagi tahun depan”).


Pada tutorial kali ini kita telah membahas kondisi percabangan IF ELSE bahasa Java yang cocok dipakai jika terdapat 2 kondisi yang saling bertentangan, yakni “Jika kondisi sesuai jalankan kode ini, jika tidak jalankan kode itu”.

Berikutnya akan dibahas kondisi percabangan IF ELSE IF dalam bahasa Java.

Itulah tadi informasi mengenai Tutorial Belajar Java Part 30: Percabangan Kondisi IF ELSE Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz dan sekianlah artikel dari kami seputarunity3d.xyz, sampai jumpa di postingan berikutnya. selamat membaca.

Comments

Popular posts from this blog

Kampus Terbaik Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer oleh - seputarunity3d.xyz

Halo sahabat selamat datang di website seputarunity3d.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Kampus Terbaik Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer oleh - seputarunity3d.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaSaat ini jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer sudah menjadi salah satu jurusan terfavorit di berbagai Universitas. Passing grade atau tingkat persaingan jurusan ini juga sangat tinggi, biasanya hanya kalah dari jurusan kedokteran.Namun tidak jarang banyak calon mahasiswa yang masih bingung dalam memilih dan menentukan universitas apa yang sebaiknya dipilih. Dalam artikel kali ini saya akan mencoba merangkum daftar universitas terbaik untuk jurusan teknik informatika dan ilmu komputer di Indonesia. Secara umum, jurusan teknik informatika dan ilmu komputer tidak terlalu berbeda. Beberapa sumber ada yang berpendapat bahwa ini hanya perbedaan nama. Ilmu Komputer disadur dari istilah Computer Science

Tutorial Belajar Java Part 28: Jenis-jenis Operator Assignment Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz

Halo sahabat selamat datang di website seputarunity3d.xyz, pada kesempatan hari ini kita akan membahas seputar Tutorial Belajar Java Part 28: Jenis-jenis Operator Assignment Bahasa Java oleh - seputarunity3d.xyz, kami sudah mempersiapkan artikel tersebut dengan informatif dan akurat, silahkan membacaDalam tutorial bahasa pemrograman Java di Duniailkom kali ini kita akan membahas Jenis-jenis Operator Assignment.Pengertian Operator Assignment / PenugasanOperator assignment adalah operator untuk memasukkan suatu nilai ke dalam variabel. Operator ini sebenarnya sudah sering kita pakai sepanjang tutorial bahasa Java di Duniailkom. Dalam bahasa Java, operator assignment menggunakan tanda sama dengan ( = ).Pembacaan operasi assignment dilakukan dari kanan ke kiri, bukan dari kiri ke kanan seperti yang biasa kita pahami dalam matematika.Kode berikut:a = 1000;Berarti “masukkan nilai 1000 ke dalam variabel a”. Dalam bahasa pseudo code (jika anda membaca buku tentang algoritma), ini biasa di…